Beranda | Artikel
Larangan Mengakhirkan Shalat Dari Waktunya
Selasa, 26 Juni 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Mahfudz Umri

Larangan Mengakhirkan Shalat Dari Waktunya merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Mahfudz Umri, Lc dalam pembahasan Esiklopedi Larangan dalam Islam. Kajian ini disampaikan pada 14 Jumadal Akhirah 1439 H / 03 Maret 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Larangan Melangkahi Kuburan

Kajian Tentang Larangan Mengakhirkan Shalat Dari Waktunya – Ensiklopedi Larangan dalam Islam

Shalat merupakan rukun Islam yang kedua. Shalat merupakan perkara pertama yang akan dihisab pada hari kiamat kelak. Oleh karena itu kita harus memiliki perhatian besar terhadap shalat ini.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ ۖ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا ﴿٥٩﴾ إِلَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَأُولَـٰئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ شَيْئًا ﴿٦٠﴾﴾

Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan,kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun,” (QS. Maryam[19]: 59-60)

Al-Haitami menukil perkataan Abullah bin Mas’ud bahwa makna “menyia-nyiakan shalat” di sini bukanlah meninggalkan semuanya. Akan tetapi mereka mengakhirkan dari waktunya. Maka jangan sampai kita dan anak-anak kita menyia-nyiakan shalat dengan mengakhirkan waktunya. Ingatlah do’a Nabi Ibrahim yang menginginkan generasinya adalah orang yang menegakkan shalat sebagaimana Allah berfirman:

Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim[14]: 37)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download Kajian Tentang Larangan Mengakhirkan Shalat Dari Waktunya – Ensiklopedi Larangan dalam Islam

Demikianlah ringkasan dan audio kajian tentang “Larangan Mengakhirkan Shalat Dari Waktunya”. Mari turut membagikan artikel dan audio kajian serta link download kajian ini ke akun media sosial yang kita miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahufiikum


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31342-larangan-mengakhirkan-shalat-dari-waktunya/